Cara koneksi laptop ke TV Digital (HDTV) menggunakan kabel HDMI

Sebagian kita mungkin banyak yang hobi nonton film dan pasti memiliki banyak koleksi film di laptopnya. Ndak beda dengan saya. Apa lagi sekarang film-film tersebut gambarnya begitu halus dan tajam dengan resolusi 720p atau bahkan 1080p hasil ripping dari film blue ray misalnya.
(Apa maksud 720p dan 1080p? Untuk mengetahuinya lihat di Resolusi TV Digital)
Nonton di laptop saja terasa cukup puas dengan menggunakan headphone untuk audionya, apalagi kalau nontonnya lewat layar TV Digital (HDTV) bersama keluarga, tentu lebih nyaman lagi. Bosan nonton acara TV, coba manfaatkan TV DIgital anda untuk nonton film-film koleksi anda. Dalam hal ini laptop kita fungsikan sebagai player, layaknya DVD player atau blue ray player.
Koneksi Laptop ke HDTV

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk koneksi laptop ke TV. Seperti menggunakan kabel DVI (Digital Visual Interface), S-Video, VGA atau menggunakan koneksi wireless. Namun sejauh ini cara terbaik koneksi laptop ke TV Digital adalah menggunakan kabel HDMI. Karena kabel ini bisa mentransfer sinyal video/audio sekaligus untuk resolusi gambar minimal 1080p (High Speed HDMI cable) hanya dengan satu kabel. Disamping itu fasilitas koneksi port HDMI (soket HDMI) ini bisa dipastikan sudah dimiliki oleh HDTV dan laptop keluaran beberapa tahun terakhir.

Berikut langkah-langkah cara koneksi laptop ke TV Digital.

1. Siapkan kabel High Speed HDMI, dengan ukuran konektor yang umum (Full Size HDMI Connector). Untuk lebih jelas tentang jenis kabel dan konektor HDMI silahkan lihat masing-masing linknya.

2. Cari lokasi soket HDMI yang ada pada panel belakang atau samping / bawah TV Digital, lalu colokkan salah satu ujung konektor kabel HDMI ke salah satu soket HDMI-nya, misalnya port HDMI-1. Ujung konektor kabel HDMI yang lain colokkan juga ke port HDMI di laptop.


Port HDMI pada laptop dan HDMI

3. Hidupkan TV Digital lebih dahulu kemudian lakukan setting untuk memilih input dari port HDMI di mana kabel HDMI tadi dicolokkan, misalnya port HDMI-1. Setting ini berbeda-beda pada masing-masing merk TV. Silahkan cek buku panduan perangkat TV digital anda. Jika sudah, hasilnya layar TV Digital anda "blank", gelap saja karena memang belum ada sinyal yang masuk melalui port HDMI-1.

4. Kemudian hidupkan laptopnya juga. Lakukan setting pada laptop agar mengirimkan sinyal ke port HDMI. Caranya,
---> Masuk ke "Control Panel"
---> klik "Appearance and Personalization"
---> klik "Adjust Screen Resolution"
Setelah itu akan nampak dua pilihan monitor display, no.1 monitor laptop dan no.2 monitor TV Digital. Terus,
---> klik monitor display no.2
---> pilih "Extend the desktop onto this monitor"
---> klik "Apply"
Jika ini berhasil pada TV Digital akan nampak gambar background Windows pada layar TV Digital.


Gambar Background Windows pada HDTV

5. Kembali ke laptop. (Ahaa...kayak si Tukul) Kemudia lakukan setting resolusi pada laptop untuk monitor no.2
----> klik "Resolution" yang akan memunculkan dropdown menu, lalu geser slider-nya sambil lihat ke layar TV Digital. Geser slider sampai gambar background Windows pas memenuhi ukuran layar TV Digital anda.

6. Setting Audionya. Lakukan hal berikut:
---> Masuk ke "Control Panel"
---> klik "Hardware and Sound"
---> klik "Sound"
kemudian akan muncul jendela kecil dengan nama "Sound".
---> klik pada tab "Playback"
akan nampak beberapa speakers system lalu pilih speakers dari HDTV, kemudian klik "Apply".
Jika anda tidak menemukan sistem speakers dari HDTV (hanya nampak satu sistem speakers dari laptop saja), lakukan hal berikut:
Masih dalam jendela "Sound", bawa kursor ke ruang kosong lalu klik kanan mouse,
akan muncul jendela kecil dengan dua pilihan , "show Disabled Devices" dan "show "Disconnected Devices". Centang "show Disabled Devices". Akan muncul sistem speaker dari HDTV, kemudian select dan klik "Apply".

Jika anda ingin membeli kabel HDMI, silahkan cek harga dan jenisnya di sini.

Note:
Sebenarnya, jika usia TV Digital (HDTV) dan laptop anda baru sekitar 3-4 tahun sejak pertama kali membeli (beli baru ya, bukan beli bekas/seken), dan laptop anda pake WIndows 7, cara koneksi menggunakan kabel HDMI ini cukup sederhana, sampai step 5 sudah cukup. 

Namun jika tetap belum berhasil coba langkah-langkah berikut:

- Pastikan menggunakan kabel HDMI yang High Speed ( versi 1,3 atau versi 1,4) karena kalau menggunakan kabel HDMI versi sebelumnya (dibawah versi 1,3) belum ada yang High Speed dan tidak support resolusi 1080p.

- Cek koneksi konektor HDMI pada laptop atau TV Digital. Mungkin ada konektor yang kurang nancap atau longgar sehingga koneksi TV Digital dan laptop tidak ada. Soket atau port HDMI yang lama tidak digunakan, bisa kotor coba bersihkan dengan cotton bud (kapas pembersih telinga)

-  Jika laptop anda sudah berumur, mungkin firmware graphic card laptop anda sudah kedaluarsa / expired sehingga tidak support HDMI versi terbaru. 

- Terkadang tidak sekali langsung bisa. Perlu dicoba beberapa kali, matikan dan hidupkan laptopnya sampai bisa mendeteksi HDTV anda.

- Coba tes kabel HDMI-nya. Misalkan gunakan untuk koneksi dengan DVD player, tentunya yang ada soket HDMI.

- Jika TV Digitalnya tidak dapat menampilkan gambar secara penuh, sehingga terdapat border di atas atau disampingnya atau gambarnya terpotong sedikit, coba lakukan beberapa setting di TV Digital anda, seperti matikan "image processing effects"-nya, atur ketajaman gambar (sharpness), aspek rasionya dan beberapa setting lain yang yang berhubungan dengan pixel atau dot yang terdapat pada buku panduannya.

Demikian saja, mudah-mudahan bisa membantu.
........................................................................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Cara mendapatkan siaran TV Digital DVB-T2
- Jenis-jenis TV Digital (Resolusi TV Digital)
- Antena TV Digital
- Smart TV, apa itu Smart TV
- Cara koneksi Smart TV ke jaringan internet
- Koneksi dan cara kerja jaringan DLNA 
Jenis home theater dan bagian-bagiannya 
- Cara berbagi konten laptop/PC dengan Smart TV menggunakan Smartshare
Cara berbagi layar smartphone Asus Zenfone 5 dengan Smart TV menggunakan Miracast
Cara berbagi konten smartphone Asus Zenfone 5 dengan Smart TV menggunakan DLNA
- Cara berbagi layar smartphone Asus Zenfone 4 dengan Smart TV menggunakan koneksi wireless Miracast
- Cara aktifkan fungsi screenshot pada Asus Zenfone 5 
- Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone
- Cara koneksi android ke laptop/PC tanpa kabel menggunakan AirDroid
Cara aktifkan fitur Telpon pada WhatsApp
HDMI 2.0, standar baru HDMI untuk resolusi 4K@60 Hz 
Ketahui hal berikut ini sebelum anda membeli TV UHD / 4K
Koneksi smartphone ke HDTV dengan MHL
Koneksi antara komputer dan android menggunakan ShareLink dengan atau tanpa wifi hotspot
...............................................................................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...