Microwave dan Oven, apa bedanya?

Kita terkadang dibuat bingung oleh beberapa benda yang banyak dijual pasaran yang sepintas lalu nampaknya mirip, akan tetapi ternyata beda jauh fungsinya. Dan pasti jauh beda harganya. Salah-salah kita mengeluarkan biaya yang mahal untuk benda benda yang sebenarnya tidak kita butuhkan.
Karenanya, ada baiknya kita mengetahui suatu barang lebih mendetail, terutama barang elektronik, agar kita mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan dan harga yang pantas.
Seperti halnya antara Oven dan Microwave, bentuk dan ukurannya hampir sama, namun ternyata beda dalam fungsinya. Oven diciptakan untuk memanaskan dan memanggang makanan hingga matang, sedangkan Microwave diciptakan untuk memanaskan makanan saja. Ini merupakan perbedaan mendasar antara Oven dan Microwave.
Sederhananya, Oven adalah alat pemanggang makanan sedang Microwave adalah alat untuk memanaskan makanan.
Microwave and Oven

Lebih jauh, berikut beberapa perbedaan dasar antara Oven dan Microwave.

1. Cara Kerja.
- Oven. Memproduksi udara panas di dalam ruang tertutup sehingga akan memanaskan, tepatnya memanggang makanan yang terdapat di dalam ruangan tersebut. Udara panas ini dihasilkan oleh elemen pemanas yang sumber energinya dari listrik atau gas.

- Microwave. Memanaskan makanan dengan cara menghasilkan radiasi gelombang mikro elektromagnetik. Gelombang mikro ini akan menggetarkan molekul zat makanan sehingga timbul panas dari dalam zat makanan itu sendiri. Jadi makanan di dalam sebuah microwave dipanaskan dengan cara molekulnya digetarkan hingga bertabrakan antar sesama molekul. Semakin cepat getaran molekul, akan semakin tinggi panas yang dihasilkan.

2. Energi.- Oven. Seperti tersebut di atas, energi yang digunakan oven umumnya energi listrik atau gas. Pada oven zaman dulu, umumnya dipanaskan dengan kompor minyak tanah atau kayu bakar.

- Microwave. Dilengkapi perangkat elektronik yang lebih kompleks untuk menghasilkan gelombang micro elektromagnetik. Sehingga sumber energi yang dibutuhkan energi listrik saja. 

3. Penggunaan.
- Oven. Memang diperuntukkan untuk memasak dan memanggang makanan sampai matang. Sehingga pemakaiannya pun sangat luas tidak terbatas pada sekedar memanaskan makanan saja. Jenis dan ukurannya beragam tergantung kebutuhan. Jadi jika ingin memanggang daging hingga matang, kita gunakan oven.

- Microwave. Biasanya digunakan untuk memanaskan makanan saja. Makanan yang sudah matang yang kita simpan di kulkas, jika ingin dikonsumsi kita tinggal panaskan sebentar dengan microwave. Prosesnya sangat cepat, sehingga sangat praktis.
Walaupun proses memanaskan makanan sangat cepat, jika dipergunakan untuk memasak makanan hasilnya tidak akan sebaik jika dimasak menggunakan oven. Dengan kata lain kurang gurih dan nikmatnya.

Cek harga dan jenis microwave/oven di sini.
..................................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Jenis-jenis Microwave Ovens
- Apa beda LED, OLED, AMOLED
Jenis-jenis TV LED berdasarkan lampu belakangnya (back-lit)
..................................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...