Koneksi smartphone ke HDTV dengan MHL

MHL merupakan singkatan dari Mobile High-definition Link, sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet terhadap sebuah perangkat TV (HDTV atau TV Led) dengan menggunakan kabel MHL. Sederhananya, jika ingin membangun koneksi antara smartphone / tablet dengan HDTV maka salah satu solusinya dengan menggunakan koneksi MHL ini.

Koneksi MHL ini dibangun dengan memanfaatkan port micro USB yang biasanya terdapat pada sebuah smartphone atau tablet. Port micro USB ini biasa digunakan untuk cas ulang baterai smartphone / tablet. Kemudian dengan menggunakan sebuah kabel MHL dihubungkan dengan port HDMI yang terdapat pada HDTV.
Logo MHL

Kabel MHL atau adapter MHL berfungsi memodifikasi koneksi USB menjadi koneksi HDMI sehingga seolah-olah koneksi yang terjadi antara smartphone dan HDTV adalah koneksi dengan kabel HDMI, hanya saja ujung salah satu kabel yang ke smartphone berbentuk micro USB. Karenanya kabel MHL ini disebut juga 'micro USB to HDMI cable".

Inilah yang dinamakan koneksi MHL itu, koneksi antara micro USB dengan HDMI. Ini terlihat dari fitur-fiturnya yang hampir sama seperti pada koneksi menggunakan kabel HDMI. Seperti fitur CEC (Consumer Electronic Control), transfer video resolusi Full HD, audio multi channel dsb.

Fitur apasaja yang ditawarkan oleh koneksi MHL ini?
  • Koneksi MHL, selain berbagi konten (content sharing) atau berbagi layar (screen mirroring), pada saat yang sama terjadi pengecasan / pengisian baterai juga, sehingga kita tidak perlu khawatir low-batt pada saat main game atau nonton film dari smartphone atau tablet.
  • Kita bisa mengontrol smartphone kita dengan menggunakan remote control dari HDTV. Inilah yang dimaksud fitur CEC (Consumer Electronics Control) seperti pada HDMI.
  • Transfer video resolusi Full HD 1080p dan support audio Dolby® Atmos dan DTS:X™. Bahkan pada koneksi super MHL yang baru dirilis Januari 2015 ini, sanggup mengelola transfer video resolusi 4K hingga 8K120Hz..!! Kemampuannya jauh melebihi perangkat elektronik yang banyak beredar saat ini.


Syarat menggunakan koneksi MHL.
Koneksi MHL dapat terjadi dengan sempurna apabila kedua perangkat, smartphone / tablet dan HDTV keduanya telah dilengkapi fitur MHL. Untuk itu perlu dipastikan dulu apakah perangkat-perangkat yang akan saling terhubung ini telah dilengkapi fitur MHL atau belum. Berikut cara memastikan apakah perangkat mobile seperti smartphone / tablet dan HDTV kita terdapat fitur koneksi MHL atau tidak.

- Pada HDTV:
  • Memastikan apakah HDTV yang dimiliki terdapat fitur MHL atau tidak, cukup mudah. Yaitu dengan melihat di bagian belakang HDTV pada port HDMI - nya. Jika terdapat logo atau tulian MHL pada salah satu port HDMI nya, maka HDTV nya sudah MHL-Certified, ada fitur MHL-nya. Berikut screenshot nya.
Memastikan koneksi MHL pada HDMI port HDTV

  • Bisa juga dengan melihat spesifikasi produk pada website resminya atau pada buku panduanny seperti screenshot berikut.
Memastikan koneksi MHL pada spesifikasi HDTV


- Pada Smartphone atau tablet.
Untuk memastikan apakah perangkat smartphone / tablet terdapat fitur MHL ada beberapa cara, yaitu:

  • Kunjungi website resmi MHL, www.mhltech.org. Mereka telah membuat daftar produk yang telah menggunakan fitur MHL. Kemudian lihat di daftar produk smartphone yang menggunakan MHL yang ada pada bagian bawah websitenya. Jika anda kesulitan coba langsung ke sini, www.mhlconsortium.org/devices.aspx. Jika model produk terdapat di dalam daftar berarti perangkat tersebut telah MHL - Certified.
  • Jika anda tidak menemukan atau tidak yakin dengan cara pertama (mungkin anda menduga jangan-jangan daftarnya belum di update) coba cara ke dua ini. Kunjungi alamat website MHL diatas, lihat bagian paling bawah seperti pada screenshot berikut:

    Terlihat QR (Quick Response) code seperti gambar di atas. Lalu scan kode tersebut dengan menggunakan aplikasi QR scan pada smartphone anda. Jika anda belum punya aplikasi QR scan , silahkan di install dulu. Jika perangkat anda smartphone android silahkan download dan install QR scan dari Google Play Store, gratis.
    Jika sudah, silahkan buka aplikasi scan QR nya dan arahkan kamera mendekati kode yang ada di website MHL di atas. Lalu klik tombol scan, dan anda akan dibawa masuk ke internet browser dan mendapatkan pemberitahuan seperti screenshot berikut.


    Asus Zenfone 5 not MHL certified

    Gambar screenshot di atas adalah hasil scan QR code menggunakan Asus Zenfone 5. Ternyata Asus Zenfone 5 belum ada fitur MHL nya.

    Cara menggunakan koneksi MHL.
    Ada dua kondisi dimana koneksi MHL dapat dibangun antara perangkat mobile dan HDTV, yaitu:


    1. Perangkat mobile (smartphone / tablet) dan HDTV keduanya terdapat fitur koneksi   MHL (MHL Certified). Artinya ke dua perangkat telah dilengkapi dengan fitur koneksi MHL. Cukup dengan menggunakan sebuah kabel MHL koneksi antara keduanya mudah dibangun dan mendapatkan fitur-fitur koneksi MHL seperti tersebut di atas.
    Berikut gambar cara koneksi MHL.
    Koneksi MHL menggunakan kabel MHL untuk TV yang ada fitur MHL
    Ujung kabel MHL yang kecil (micro USB) di colokkan ke port micro USB pada smartphone (yang biasa digunakan saat cas baterainya) dan ujung kabel yang besar (konekstor HDMI) dicolokkan pada salah satu port HDMI pada HDTV yang ada tulisan "MHL" nya.

    2. Perangkat mobile (smartphone /tablet) telah bersertifikat MHL sementara HDTV nya tidak, tapi terdapat port HDMI saja. Untuk kondisi ke dua ini gunakan MHL adapter dan ikuti caranya seperti gambar berikut.
    Koneksi MHL menggunakn MHL Adapter untuk HDTV yang tidak ada fitur MHL


    Pada gambar diatas, kita menggunakan tiga kompenen sekaligus, yaitu: MHL Adapter, kabel HDMI dan Charger Smartphone (ujungnya berbentuk konektor micro USB). Masing-masing komponen di pasang sesuai gambar di atas.

    1. Kabel HDMI dicolokkan pada port HDMI di HDTV dan pada port HDMI yang ada pada MHL adapter.
    2. Ujung kabel MHL adapter dicolokkan pada port micro USB di smartphone.
    3. Colokkan juga kabel charger ke port micro USB yang ada pada MHL adapter. Kemudian chargernya pasang pada colokkan listrik 220 volt di rumah. 
    Pada koneksi MHL kondisi ke dua ini, beberapa fitur MHL tidak tersedia. Seperti kontrol smartphone menggunakan remote TV (CEC). dan tidak bisa cas baterai smartphone secara otomatis karenanya perlu tambahan charger smartphone agar baterai nya tetap terisi selama digunakan.
    Selanjutnya setelah semua saling terhubung (kondisi 1 ataupun kondisi 2), hidupkan HDTV nya lalu pilih masukan (input sinyal) nya dari port HDMI yang digunakan untuk koneksi MHL ini. Silahkan lanjutkan sesuai petunjuk yang ada pada layar TV. 
    -->
    Dua kondisi itu saja yang memungkin terbangun koneksi MHL. Namun jika smartphone tablet tidak terdapat fitur koneksi MHL, sekalipun HDTV nya telah MHL certified, tetap tidak bisa dibangun koneksi MHL antar ke duanya.

    Catatan.
    - Umumnya port micro USB yang terdapat pada smartphone / tablet adalah micro USB 5 pin. Namun ada juga smartphone yang menggunakan port micro USB 11 pin. Seperti smartphone Samsung Galaxy SIII. Di pasaran tersedia MHL adapter dengan konektor micro USB 11 pin. Bisa juga anda menggunakan adpater micro USB 11 pin ke micro USB 5 pin. Seperti gambar berikut.


    Adapter micro USB 5 pin - 11 pin untuk Samsung galaxy S3 untuk koneksi MHL

    Adapter micro USB 5 pin - 11 pin untuk Samsung galaxy S3

    - Untuk mengetahui apakah smartphone / tablet anda menggunakan 5 pin atau 11 pin port micro USB, bisa anda lihat pada konektor chargernya. Cukup nampak jelas walau dengan mata telanjang. Bisa anda kira-kira 5 pin atau 11 pin. Karena 11 pin itu 2 kali lipat nya 5 pin. Jadi bisa di kira-kira jumlah pin dalam konektor micro USB nya.

    Jika anda berminat membeli MHL, silahkan cek harga dan berbagai jenis produk MHL di sini.
    ..........................................................................................................................................
    Artikel Terkait:
    - Mengenal kabel HDMI
    - Jenis-jenis konektor HDMI
    - Cara koneksi laptop ke HDTV menggunakan kabel HDMI
    - HDMI 2.0 standar baru HDMI untuk resolusi 4K60 Hz
    Memahami koneksi dan cara kerja jaringan DLNA
    - Koneksi laptop / PC dengan Smart TV menggunakan Smartshare
    - Koneksi Asus Zenfone 5 dengan Smart TV menggunakan Miracast
    Koneksi Asus Zenfone 4 dengan Smart TV menggunakan Miracast
    - Koneksi Asus Zenfone 5 dengan Smart TV menggunakan DLNA
    Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
    Koneksi antara komputer dan android menggunakan ShareLink dengan atau tanpa wifi hotspot
    Settings mesin pencari Google aman buat anak-anak
    ..........................................................................................................................................
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...